Minggu, 13 November 2011

Mobile Computing / Komputasi Bergerak


Definisi Mobile Computing
Sistem komputasi bergerak adalah system komputasi yang dapat dipindahkan dengan mudah secara fisik dan kemampuan komputasi yang bisa digunakan ketika mereka sedang dipindahkan.

Perangkat Komputasi Bergerak
Contohnya adalah ponsel, personal digital assistant (pda), dsb. Perangkat komputasi bergerak tidak selalu harus terhubung dengan jaringan telekomunikasi. Handphone, kalkulator, PSP, netbook juga dapat dikategorikan sebagai perangkat komputasi bergerak.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan perangkat teknologi nirkabel telah meningkat dengan cepat. Dimana saja dan kapan saja orang bisa mengakses sistem informasi kabel menggunakan perangkat computer portable seperti tablet PC, Smartphone, dan sejenisnya yang diaktifkan oleh baterai. Hal ini bisa terjadi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang cepat.

Mobile computing tidak terlepas dari dunia komunikasi bergerak (mobile communication), meski ruang lingkup mobile computing tidak hanya ada pada komunikasi bergerak.

Pengguna ponsel dapat mengakses sejumlah informasi yang berada pada jaringan statis saat mereka sedang bepergian yang dikenal sebagai komputasi bergerak. Komputasi bergerak menyediakan data intensif dengan aspek manfaat teknologi nirkabel, dan teknologi bergerak untuk mendukung aplikasi ini disebut sebagai mobile database.

Penyedia layanan bergerak akan memberikan sejumlah layanan informasi termasuk informasi cuaca, atau jasa ramalan cuaca, berita, informasi indeks saham, valuta asing, wisata layanan, jadwal penerbangan, jadwal pertandingan sepak bola, penentuan posisi, dan panduan rute, untuk layanan transportasi. Dalam pembuatan layanan informasi nirkabel, sejumlah masalah harus ditangani seperti manajemen data mobile, infrastruktur pendukung jaringan, lokasi, dan sebagainya. Agar aplikasi yang dibuat menjadi menarik dan bermanfaat.

Karekteristik dari lingkungan komputasi bergerak


- Kendala sumberdaya yang terbatas pada perangkat mobile
Agar bersifat portable dan mobile, device dirancang kecil dan ringan. Tetapi dengan desain ini ada beberapa kelemahannya yaitu daya komputasi yang terbatas, penyimpanan memori yang kecil, kapasitas baterai kecil, dsb.

- Bandwith jaringan rendah
Pengguna mobile dapat terhubung ke jaringan nirkabel melalui berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel, wireless LAN, nirkabel selular, satelit, dll. Setiap jaringan nirkabel menyediakan kapasitas bandwidth yang berbeda. Namun, bandwidth nirkabel ini terlalu kecil dibandingkan dengan jaringan tetap seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) yang dapat memberikan kecepatan hingga 155Mbps.


- Biaya komunikasi asymmetric
Kapasitas bandwidth yang berbeda antara downstream komunikasi dan komunikasi upstream telah menciptakan sebuah lingkungan baru yang disebut Lingkungan Komunikasi asimetrik. Bahkan, ada dua situasi yang dapat mengakibatkan komunikasi asimetri, Salah satunya adalah karena kemampuan perangkat fisik. Misalnya, server memiliki pemancar siaran kuat, sedangkan klien mobile memiliki kemampuan transmisi kecil. Yang lain adalah karena pola aliran informasi dalam aplikasi. Misalnya, dalam situasi dimana jumlah server jauh lebih sedikit daripada jumlah klien, itu adalah asimetris karena ada tidak kapasitas yang cukup untuk menangani permintaan simultan dari beberapa klien.

- Heterogenitas perangkat mobile
industri telekomunikasi Mobile telah mengembangkan berbagai perangkat mobile seperti Laptop, Tablet PC, Handheld PC, Pocket PC, Netbook dan Mobile Phones. Namun, perangkat mobile juga mempunyai fitur dan kemampuan yang berbeda baik sistem operasi, daya komputasi, tampilan maupun kemampuan jaringan. Akibatnya, heterogenitas ini menimbulkan beberapa tantangan dalam manajemen konten, dan penyampaian konten ke penyedia layanan mobile.

- Mobilitas
Teknologi nirkabel memungkinkan pengguna mobile untuk bergerak bebas dan mandiri dari satu tempat ke tempat lain. Sebuah layanan handoff terjadi ketika pengguna bergerak dari satu daerah layanan jaringan ke lain. Hal ini penting untuk memastikan handoffs layanan berfungsi dengan baik.

- Koneksi yang sering putus
pengguna Mobile sering terputus dari jaringan. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan, termasuk kegagalan sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, area blank spot, dan penghematan daya. Tetapi hal ini juga bisa menguntungkan karena modus aktif membutuhkan seribu kali power lebih besar daripada perangkat dalam kondisi standby atau mode sleep. Sinyal radio nirkabel mungkin juga akan melemah karena jarak yang jauh dari sumber sinyal dimana pengguna bergerak. Dari karakteristik lingkungan sebuah perangkat mobile maka akan terpikirkan bagaimana mendesain aplikasi mobile yang optimal untuk perangkat mobile.

Teknologi Mobile Computing
Teknologi nirkabel/wireless memegang peran penting dalam komputasi bergerak. Teknologi ini meliputi:
- In room network: infrared, Bluetooth
- WLAN
- Broadband wireless network
- Wide area wireless
- Satelite based network
- Celluler Network

Download Materi Komunikasi Bergerak 1, disini
Download Materi Komunikasi Bergerak 2, disini

Refrence:
Gramlich, Nicolas. Andbook release.002: Android Programming with Tutorials from the anddev.org-Community. http://andbook.anddev.org/
Gargenta, Marko. Learning Android: Building Application for the Android Market. O’Reilly: 2011.
http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_computing

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host